Kesenian Oglek "Turonggo Seto" dari Gedangan, Sentolo, Kulon Progo

Saturday, 19 March 2016

Kesenian Oglek "Turonggo Seto" dari Gedangan, Sentolo, Kulon Progo

otsKesenian oglek banyak dijumpai di Desa Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Hampir di setiap pedukuhan di desa ini mempunyai paguyuban yang bergerak di bidang kesenian oglek. Salah satunya adalah Paguyuban Turonggp Seto yang berada di Pedukuhan Gedangan. 

Kesenian oglek adalah salah satu kesenian yang termasuk dalam genre kesenian kuda kepang. Kesenian kuda kepang identik dengan sebuah tarian yang menggunakan properti kuda kepang. Sebuah tarian yang menceriterakan tentang prajurit berkuda dan pada ouncak pertunjukannya diakhiri dengan adegan kesurupan. Meskipun termasuk kedalam genre kuda kepang, kesenian oglek memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khas dari kesenian oglek dapat dilihat dan diperoleh dari unsur-unsur di dalam bentuk penyajiannya, seperti kostum yang dikenakan, iringan musik, bentuk properti dan gerakan serta urutan penyajiannya. Berawal dari bentuk penyajian kesenian oglek Paguyuban Turonggo Seto inilah dapat dilihat perbedaan-perbedaan antara kesenian oglek dengan kesenian ber-genre kuda lumping yang lainnya. 

Unsur-unsur yang ada dalam pertuinjukan kesenian oglek Turonggo Seto juga dapat digunakan sebagai pembeda antara kesenian oglek Turonggo Seto dengan kesenian oglek lain yang masih berada dalam satu desa, karena unsur-unsur yang ada di dalam bentuk penyajian oglek Turonggo Seto memiliki ciri khas tersendiri. Ciri-ciri khas itu hanya terdapat pada bentuk penyajian kesenian oglek Turonggo Seto, sehingga orang dapat mengenali dengan mudah kesenian oglek dari Paguyuban Turonggo Seto pedukuhan Gedangan Desa Sentolo ini.

 

0 comments:

Post a Comment

Featured post

Budidaya Penangkaran Ayam Bekisar Sentolo

Ayam bekisar adalah hasil perkawinan antara ayam hutan hijau jantan (Gallus varius) dan ayam kampung/ayam buras betina (Gallus gallus domes...